KOMPAS.com - WhatsApp telah menjadi aplikasi pesan instan yang banyak digunakan orang. Dengan segudang fitur yang dimiliki, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai aktivitas. Tidak hanya dipakai untuk berikirim pesan teks saja, ada beberapa fitur WhatsApp yang yang menunjang semua kebutuhan bertukar pesan, seperti mengirim foto/video.

WhatsApp juga telah menambahkan beragam pembaruan (update) fitur sepanjang 2021, untuk membuat pengguna semakin betah menggunakan layanan mereka, seperti dukungan multi-perangkat, dan video call melalui aplikasi desktop.  Jelang akhir tahun, berikut KompasTekno rangkum fitur-fitur baru yang dirilis WhatsApp sepanjang tahun 2021.

1. Gabung panggilan grup yang tidak terjawab.

Sebelumnya, pengguna tidak dapat bergabung ke panggilan grup saat berstatus tidak terjawab. Jadi, panggilan grup harus diulang untuk pengguna dapat bergabung. Di tahun ini, WhatsApp menghadirkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk tetap dapat bergabung ke panggilan grup, meski sempat tidak terjawab.

Caranya, pengguna hanya perlu menuju ke daftar panggilan terakhir di WhatsApp, kemudian ketuk gabung pada panggilan grup.
Fitur terbaru whatsapp 2021

2. Peningkatan jumlah peserta panggilan grup.

Pada fitur panggilan grup, WhatsApp di tahun ini melakukan peningkatan jumlah peserta panggilan grup hingga maksimal sebanyak delapan pengguna.
Sebelumnya, panggilan grup hanya dapat diakses oleh maksimal empat pengguna.

3. Dukungan multi-perangkat.

Fitur dukungan multi perangkat memungkinkan pengguna dapat mengakses satu akun WhatsApp melalui banyak perangkat.
Fitur ini akan memudahkan pengguna yang membutuhkan banyak perangkat dalam bekerja.

4. Mode gelap.

Fitur mode gelap atau dark mode memungkinkan pengguna untuk mengubah tampilan antarmuka (user interface/UI) WhatsApp menjadi warna hitam. Dengan fitur ini, pengguna dapat meminimalisir mata silau akibat tampilan yang terang di WhatsApp. Untuk mengaktifkan mode ini, buka ke menu Settings>Chats>Theme.

5. Foto sekali lihat.

Fitur foto yang langsung menghilang otomatis atau disappearing mode merupakan salah satu peningkatan pengaturan keamanan yang dihadirkan di WhatsApp. Dengan fitur ini, pengguna dapat membatasi waktu tampilan dari foto atau video yang dikirimkan ke kontak di WhatsApp. Sebelum Dikirim Ketika pengguna mengaktifkan fitur ini, foto atau video yang dikirim akan hilang atau terhapus secara otomatis saat sudah terbuka di ruang obrolan.

Cara mengaktifkan fitur ini cukup mudah, pengguna hanya perlu menekan tombol lingkaran “1” saat ingin mengirim foto atau video.
Fitur terbaru whatsapp 2021

6. Peningkatan pencarian obrolan.

Fitur pencarian obrolan di WhatsApp mengalami peningkatan, yang mana memungkinkan pengguna untuk mencari obrolan secara lebih spesifik. Pengguna tidak hanya disajikan hasil pencarian berupa teks, tapi juga akan ditampilkan foto, video, audio, GIFs, dan sebagainya. Fitur ini dapat diakses pada kolom pencarian yang terletak di bagian atas aplikasi.

7. Peningkatan pengelolaan penyimpanan.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengelola data tersimpan (foto, video, audio, dan sebagainya) di WhatsApp. Di bagian Data dan Penyimpanan dalam Pengaturan WhatsApp, pengguna dapat memilah dan mimilih data-data apa saja yang ingin dihapus. Pengguna dapat menghapus data yang berasal dari obrolan personal dan grup. Fitur ini juga akan menampilkan daftar kontak yang paling besar menggunakan penyimpanan.

8. Panggilan telepon dan video di desktop.

Seakan tak ingin kalah dengan kehadiran aplikasi meeting, WhatsApp juga menambahkan fitur terbaru tahun ini yang memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan telepon dan video melalui desktop. Untuk dapat mengakses fitur ini, pengguna hanya perlu menginstall aplikasi WhatsApp versi dekstop. WhatsApp versi desktop untuk saat ini hanya bisa melakukan panggilan personal.

9. Arsip tanpa notifikasi.

Fitur Arsip sebenarnya telah lama hadir di WhatsApp. Namun, WhatsApp melakukan peningkatan pada fitur ini, dengan tidak memunculkan notifikasi saat terdapat chat baru untuk kontak yang diarsipkan. Sebelumnya, chat yang diarsipkan akan muncul notifikasi ketika terdapat pesan masuk baru. Chat itu juga kemudian akan muncul di halaman utama. Sedangkan fitur Arsip yang telah ditingkatkan, membuat chat tetap berada di arsip meski terdapat pesan masuk baru.
Fitur terbaru whatsapp 2021

10. Peningkatan keamanan biometrik.

Perusahaan awal tahun ini memberikan peningkatan sistem keamanan dengan menambahkan otentikasi biometrik saat pengguna akan mengakses WhatsApp web atau desktop. Pengguna tidak hanya diminta untuk memindai QR code yang muncul di layar untuk masuk ke WhatsApp web atau desktop. Jadi dengan fitur ini, pengguna juga akan diminta untuk memindai sidik jari atau wajah.
Fitur terbaru whatsapp 2021

Demikian fitur-fitur baru yang diluncurkan WhatsApp sepanjang 2021. Sementara itu, WhatsApp dikabarkan bakal merilis fitur-fitur yang lebih menarik lagi di tahun depan, misal fitur serupa Instagram Reels. Kita nantikan saja. (Penulis : Zulfikar Hardiansyah, Editor : Reska K. Nistanto/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published.