akarta, CNN Indonesia — Aplikasi pesan instan WhatsApp dilaporkan berencana membuat platform pada perangkat tablet iPad.
Pasalnya, selama ini WhatsApp disebut tidak memiliki aplikasi khusus di iPad. Aplikasi ini dilaporkan akan jadi aplikasi terpisah, bukan aplikasi web.

Rencana itu dibocorkan oleh WaBetaInfo, situs yang kerap memberi info bocoran soal perbaruan dari WhatsApp. Perbaruan itu diketahui tengah dilakukan uji coba dalam program versi beta.

Lewat akun Twitternya, WaBetaInfo menyatakan sebagai bagian versi beta multi perangkat yang akan dirilis, iPad maupun tablet Android dapat diinstal aplikasi WhatsApp.

Fitur multi perangkat itu memungkinkan pengguna mengakses satu akun WhatsApp di empat perangkat. WhatsApp sebelumnya diketahui hanya dapat diakses oleh satu ponsel, dan diaktifkan pada satu laptop atau komputer lewat WhatsApp web.

Dalam cuitanya, WaBetaInfo mengklaim platform itu dapat digunakan di perangkat lain lewat aplikasi, bukan lewat WhatsApp web. Fitur itu memungkinkan pengguna dapat log-in di beberapa perangkat meski ponsel utama dalam kondisi offline.

Hingga kini belum ada kejelasan kapan aplikasi dan integrasi itu akan digulirkan. Akun WaBetaInfo menyatakan fitur ini tengah dalam pengembangan dan akan dirilis dalam pembaruan di masa mendatang.

Dikutip Engadget, apabila pengguna WhatsApp sudah memiliki terdaftar dalam iOS versi beta, maka pengguna akan mendapatkan akses untuk digunakan di iPad.

Pada Juni lalu, Founder sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg, dan Head of WhatsApp, Will Cathcart, mengatakan kemungkinan aplikasi WhatsApp versi iPad bakal hadir.

Kini sebagian besar pengguna perangkat pintar bergantung pada aplikasi perpesanan WhatsApp di ponsel, tetapi tidak tersedia di tablet. Dengan adanya perbaruan multi perangkat, sepertinya menjadi ajang WhatsApp untuk berfungsi di perangkat lainnya.

Baca artikel CNN Indonesia “Whatsapp Lagi Uji Aplikasi Khusus untuk iPad” selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20210823181548-185-684235/whatsapp-lagi-uji-aplikasi-khusus-untuk-ipad.

Download Apps CNN Indonesia sekarang https://app.cnnindonesia.com/