KOMPAS.com - Centang biru adalah tanda yang menyatakan bahwa akun tersebut sudah terverifikasi. Akun jenis ini biasanya dimiliki public figure, brand, atau entitas yang terdaftar asli.

Tanda centang biru juga berguna untuk membedakan akun asli atau bukan. Sejumlah media sosial juga menggunakan tanda tersebut, termasuk Instagram.

Untuk mendapatkan centang biru atau akun yang terverifikasi, Instagram memiliki beberapa syarat yang harus diperhatikan oleh pengguna. Syarat-syarat tersebut yang menjadi pertimbangan Instagram apakah pengguna tersebut memenuhi kriteria untuk disematkan centang biru.

Berikut ini KompasTekno rangkum dari laman resmi Instagram, beberapa syarat untuk mengajukan verifikasi akun serta cara mengajukannya.

Syarat Mendapatkan Centang Biru.

Autentik

Akun Instagram harus autentik yang berarti mewakili orang, bisnis, atau entitas yang terdaftar asli.

Unik

Instagram hanya dapat memverifikasi satu akun untuk setiap orang atau bisnis.Pengecualian untuk akun dengan bahasa tertentu.

Lengkap.

Akun pengguna atau bisnis harus bersifat publik memiliki bio, foto profil dan aktif saat mengajukan verifikasi.

Populer.

Akun harus mewakili orang, merek, atau entitas yang terkenal dan banyak dicari orang. Untuk media massa, Instagram akan meninjau konten berita yang diterbitkan pada media tersebut.

Cara Mendapatkan Centang Biru.

Untuk mengajukan verifikasi guna mendapat tanda centang biru, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Namun sebagai catatan, untuk mendapat verifikasi tersebut pengguna harus memenuhi syarat yang tercantum di atas. Kemudian, pengguna cukup melakukan langkah-langkah berikut ini.

Cara Mendapatkan Centang Biru di Instagram

  • Masuk ke akun Instagram Anda
  • Ketuk Profil yang berada di kanan bawah.
  • Pilih menu dengan ikon garis tiga di pojok kanan atas.
  • Pilih Settings atau Pengaturan Pilih Akun/Accounts.
  • Pilih Minta Verifikasi/Request Verification.
  • Di sini pengguna akan diminta untuk mengonfirmasi beberapa keaslian data dan mengupload beberapa dokumen yang diperlukan.
  • Setelah mengisi beberapa data dan dokumen klik Submit.

Setelah mengisi beberapa data untuk verifikasi, Instagram akan meninjau kurang lebih selama 30 hari setelah permintaan. Pengguna akan menerima konfirmasi apakah pengajuan centang biru pada akunnya diterima atau tidak melalui tab notifikasi. Meski demikian, perlu diperhatikan bagi pengguna, bahwa pengajuan yang memenuhi syarat untuk verifikasi tidak menjamin akun tersebut akan diverifikasi. Setelah akun mendapatkan centang biru, pengguna tidak boleh mengubah nama akun. (Penulis : Soffya Ranti, Editor : Yudha Pratomo/Red).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.